COLOSSAL CONSTRUCTION

Harga murah telah kami sediakan untuk anda, begitu juga pelayanan yang memuaskan siap kami berikan, dari mulai harga beton ready mix hingga menyediakan dan menyuplai material-material konstruksi.
karena KEPUASAN PELANGGAN ADALAH PRIORITAS KAMI.
Segera hubungi no kontak kami,
ABU AHMAD (tlp: 0858 8325 5817 / wa: 0822 1086 3517)
FAIZ (tlp & wa: 0812 9109 7895) DZUL (tlp & wa: 0895 352 630 867)

PROYEK KONSTRUKSI/PEMBANGUNAN DAN BADAN HUKUMNYA

Posted By kolosalreadymix.com on Kamis, 27 April 2017 | 06.03

     Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang seputar konstruksi (construction), mulai dari definisi secara bahasa dan istilah, harga beton readymix termurah hingga pengadaan bahan-bahan materialnya, selanjutnya kita akan mengetahui pekerjaan proyek konstruksi secara umum itu seperti apa.

   Jika kita ingin menjadi seorang kontraktor, pengetahuan seperti ini sangatlah penting bahkan menjadi wajib hukumnya, ibarat bercocok tanam, kita harus mengetahui apakah bibit yang akan kita tanam cocok dengan lahan yang tersedia. Maka dari itu, mengetahui jenis dan keterkaitan lahan dengan proyek haruslah didasari dengan lingkup perkerjaan proyek itu sendiri, berikut lingkup pekerjaan proyek konstruksi secara umum dibagi menjadi 4 jenis :

1.       Proyek perumahan/pemukiman / residential Construction
  Adalah merupakan proyek pembangunan perumahan pemukiman didasarkan pada tahapan pembangunan yang secara serempak dengan penyediaan prasarana penunjang. Jenis proyek ini sangat memerlukan perencanaan yang matang untuk infrastruktur yang ada dalam lingkungan pemukiman tersebut seperti jaringan jalan, air bersih, listrik dan fasilitas lainnya.

2.       Konstruksi bangunan gedung / building construction
  Adalah tipe proyek konstruksi yang paling banyak dilakukan. Tipe konstruksi ini menekankan pada pertimbangan konstruksi dan teknologi praktis, dan pertimbangan pada peraturan bangunan setempat.

3.       Konstruksi Teknik Sipil / heavy engineering construction
   Adalah suatu proses penambahan infrastruktur pada suatu lingkungan terbangun (built environment). Pemilik proyek (owner) biasanya pemerintah baik pada tingkat nasional atau daerah. Pada proyek ini elemen desain, finansial dan pertimbangan hukum tetap menjadi pertimbangan penting, walaupun proyek ini lebih bersifat non-profit dan mengutamakan pelayanan masyarakat (public services). Beberapa proyek konstruksi yang termasuk pada jenis proyek ini antara lain proyek pembangkit listrik, jalan raya, jalan kereta api.

4.       Konstruksi Bangunan Industri / industrial construction
  Adalah bagian yang relatif kecil dari industri konstruksi, namun merupakan suatu komponen yang penting. Pemilik proyek (owner) biasanya merupakan suatu perusahaan atau industri besar, seperti perusahaan minyak, farmasi, kimia dan industri lain. Proses yang dilakukan dalam industri ini membutuhkan keahlian khusus di bidang perencanaan, desain dan konstruksi.

    Pengetahuan di atas sebenarnya harus diketahui oleh semua kalangan masyarakat yang memperhatikan perihal konstruksi, akan tetapi untuk menekuni bidang konstruksi sendiri, pengetahuan dan penguasaan tehnik sipil sudah seperti seorang hakim menghafal undang-undang dasar 45. Berikut ulasan dari pengertian tehnik sipil.

PENGERTIAN TEHNIK SIPIL

   Pengertian dari teknik sipil ini sudah lumrah dan hampir semua tahu pengertiannya tapi saya akan ulas lagi mungkin saja ada yang lupa . Teknik sipil adalah salah ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun,  merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Istilah - istilah dalam ilmu teknik sipil diantaranya :

STRUKTUR

   Adalah ilmu yang mempelajari masalah struktural dari material yang digunakan untuk pembangunan. Beberapa pilihan jenis material bangunan diantaranya: baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

GEOTEKNIK

    Ilmu yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penye-lidikan laboratorium.

HIDROLOGI dan LINGKUNGAN

  Ilmu yang mempelajari air dan lingkungan alam, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini
antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air, dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, dam, irigasi, waduk/bendungan, kanal hingga teknik penyehatan.

TRANSPORTASI

  Ilmu yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

MANAJEMEN KONSTRUKSI

    Ilmu yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan peker-jaan, pengembalian modal, biaya proyek, serta semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

INFORMATIKA TEKNIK SIPIL

    Ilmu baru yang mempelajari penerapan teknologi komputer untuk perhitungan dan pemodelan sebuah sistem dalam proyek pembangunan atau penelitian bangunan. Mencakup bidang ini antara lain berupa pemodelan struktur bangunan (struktural dan material atau CAD), pemodelan pergerakan air tanah atau limbah, pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic Information System).

     Sebagai penutup pada artikel ini, saya mengingatkan kepada pembaca yang notabene pemerhati konstruksi terlebih anda adalah sebagai kontraktor yang ahli di bidang sipil, selain kita harus memperhatikan poin-poin di atas, yang terpenting juga karena kita hidup di Negara yang memiliki undang-undang, maka sudah sepatutnya pekerjaan kita tidak melanggar undang-undang yang berlaku, dalam hal ini berkaitan dengan proyek, berikut saya cantumkan potongan undang-undang terkait proyek:

Bagian pertama

Kategori umum

Pasal 24

    Penyelenggaraan pekerjaan konstruksi wajib dimulai dengan tahap perencanaa yang selanjutnya diikuti dengan tahap pelaksanaan beserta pengawasan yang masing-masing tahap dilaksanaan melalui kegiatan penyiapan, pengerjaan dan pengakhiran.

Bagian kedua

Tahap perencanaan

Pasal 25

Lingkup tahap perencanaan pekerjaan konstruksi meliputi prastudi kelayakan, studi kelayakan, perencanaan umum dan perencanaan tehnik.

Pasal 26

1.       Dalam perencanaan pekerjaan konstruksi dengan pekerjaan resiko tinggi harus dilakukan prastudi kelayakan, studi kelayakan, perencanaan umum dan perencanaan tehnik.
2.       Dalam perencanaan pekerjaan konstruksi dengan pekerjaan resiko sedang harus dilakukan studi kelayakan, perencanaan umum dan perencanaan tehnik.
3.       Dalam perencanaan pekerjaan konstruksi dengan pekerjaan resiko kecil harus dilakukan perencanaan tehnik.

       Mari kita ulas secara satu-persatu dengan panduan beberapa dasar hokum tertulis yang mengaturnya secara terpisah-terpisah, karena dalam hal ini peraturan yang mengatur jasa konstruksi cukup banyak, antara lain sebagai berikut:

-     UU No. 18/1999 tentang jasa konstruksi
-  PP No. 28/2000 tentang usaha dan peran masyarakat jasa konstruksi
-    PP No. 29/2000 tentang penyelenggaraan jasa konstruksi
  PP No. 30/2000 tentang penyelenggaraan pembinaan jasa konstruksi
PP No. 4/2010 tentang penyelenggaraan pembinaan jasa konstruksi
-   PP No. 4/2010 tentang perubahan atas PP No. 28/2000 tentang usaha dan peran masyarakat jasa konstruksi
-   PP No. 59/2010 tentang perubahan atas PP No. 29/2000 tentang penyelenggaraan jasa konstruksi
-  PP No. 92/2000 tentang perubahan kedua atas PP No 28/2000 tentang usaha dan peran masyarakt jasa konstruksi


Blog, Updated at: 06.03

0 komentar:

Posting Komentar

COLOSSAL CONSTRUCTION

COLOSSAL CONSTRUCTION
Best service, only for you...

Kontak Kami: Abu Ahmad (tlp&wa: 0585 8325 5817 / 0822 1086 3517)

Nama

Email *

Pesan *

klik tautan di bawah untuk mengetahui rincian harga SPECIAL:

HARGA BETON READYMIX TERMURAH